Engineering Service

June 27, 2016

Ban

Engineering Service & Consultant

Ban

Heavy Equipment Maintenance Management : Apa yang pertama kali kita pikirkan ketika unit produksi utama kita, seperti Alat berat mengalami kerusakan? Atau apa reaksi kita ketika mendapati pengeluaran biaya satu unit produksi kita mengalami lonjakan/melampaui target perkiraan semula? Tentu akan menjadi suatu permasalahan yang runyam jika tidak dicarikan solusinya segera. Target produksi dan pendapatan tidak tercapai. Layanan kita kepada konsumen menjadi terhambat, dan pengeluaran biaya yang sangat sulit dibendung.

Disinilah peran pentingnya penerapan sistem “Heavy Equipment Maintenance Management (HEMM)”. HEMM akan membuat kita mampu membuat perencanaan yang baik untuk efektifitas kinerja produksi kita dengan tetap mengedepankan efisiensi biaya. Karena dengan pengelolaan perawatan alat berat yang baik, ‘down-time’ akan mampu kita minimalisir sekecil mungkin, dan biaya perbaikan akan sangat berkurang, dan dialihkan sebagai investasi biaya perawatan. Inilah salah satu bagian yang menunjang efisiensi dan efektifas pada perusahaan.

Ban

Warehouse dan Workshop Management : Satu bagian yang tak terpisahkan dengan ‘heavy equipment maintenance management’ adalah pengelolaan Bengkel dan Gudang. Ini menjadi satu mata rantai yang saling terkait. Bagaimana kita menerapkan management inventory yang baik. Bagaimana pencatatan barang yang keluar masuk gudang dengan tetap mengedepankan efisiensi dan efektifitas. Ini akan membuat barang yang dibutuhkan untuk kinerja akan tetap tersedia secara berkesinambungan namun tidak menjadi ‘stock mati’ yang mengganggu arus kas perusahaan. Juga management bengkel untuk meminimalisir pekerjaan yang ber-ulang (re-do) yang pada ujungnya akan terbangun prestasi yang terus meningkat (stabilitas kinerja) personal bengkel.

 

HOME SERVICE